halooo selamattt pagi, ya selamat pagi untuk pertama kali
postingan ini :D
Yap, untuk kali ini saya memosting tentang Pasar Oligopoli dan Pasar Monopoli. Apasih mereka berdua itu? lalu apasih ciri cirinya? Mari kita pedalam disini materinya. Yuk dibaca yahh :D
Pasar monopoli, adalah suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu penjual saja dan pembelinya banyak dan menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang pengganti. Lalu apasaja sih ciri-ciri pasar monopoli itu?
1. Tidak mempunyai barang pengganti, artinya barang yang dihasilkan tidak dapat digantikan oleh barang lain yang ada dipasar. Atau dengan kata lain tidak terdapat barang barang mirip. Contohnya adalah PLN dan PAM
2. Tidak dapat kemungkinan untuk masuk ke dalam industri,
artinya karena sifatnya monopoli maka
pesaing tidak dapat masuk ke dalam pasar tersebut karena barang yang dihasilkan
hanya dimiliki oleh perusahaan tersebut saja dan selain itu biasanya dibatasi
dengan undang – undang dan bersifat legal.
3. Dapat mempengaruhi harga, artinya
karena perusahaan monopoli merupakan satu – satunya penjual di pasar maka penentuan
harga dapat dikuasai sepenuhnya, dengan mengendalikan ke atas produksi dan
jumlah barang yang ditawarkan perusahaan monopoli dapat menentukan harga pada
tingkat yang dikehendaki.
4. Promosi iklan kurang diperlukan, artinya Biasanya
perusahaan monopoli tidak perlu mempromosikan barangnya dengan iklan karena
pembeli akan membeli barang kepada perusahaan tersebut karena tidak ada pilihan
Sebab-sebab terjadinya pasar monopoli adalah:
1. Penguasaan bahan mentah,
2. Penguasaan teknik produksi tertentu,
3. Pemberian hak istimewa dari pemerintah (misalnya hak
paten),
4. Adanya lisensi (pemberian izin kepada perusahaan
tertentu yang ditunjuk),
5. Adanya monopoli yang diperoleh secara alamiah,
6, Memiliki modal yang besar (karena penggabungan
perusahaan),
7. Memiliki prestasi dan keahlian yang tidak dimiliki orang
lain,
Kebaikan pasar monopoli:
1. Industri-industri yang berkembang banyak yang bersifat
monopoli.
2. Mendorong untuk adanya inovasi baru agar tetap terjaga
monopolinya.
3. Tidak akan mungkin timbul perusahaan-perusahaan yang
kecil sehingga perusahaan monopoli akan semakin besar.
Kelemahan pasar monopoli:
1. Tidak efisiensinya biaya produksi, karena perusahaan
monopoli tidak memanfaatkan secara penuh penghematan ongkos produksi atau
sering disebut timbulnya pemborosan.
2. Konsumen merasa berat karena harus membeli barang dengan
harga sangat tinggi oleh perusahaan monopoli.
3. Timbul ketidakadilan karena keuntungan banyak dinikmati
oleh produsen.
No comments:
Post a Comment