Tuesday, November 3, 2015

Tugas_3SS_Pengantar Bisnis || Pembauran Pemasaran

Selamat datang kembali para pengunjung setia blog saya, masih disini dengan rasa yang sama dan dengan hati yang lemah dan rapuh...

Oke next, disini saya akan membahas tentang Pembauran Pemasaran. Sebelumnya ada yang tau apa itu pembauran pemasaran? Jadi Pembauran Pemasaran adalah strategi produk, promosi, dan penentuan harga yang bersifat unik serta dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pasar yang dituju. Namun kini hal tersebut semakin berkembang tidak hanya dalam hal product, promotion, dan price. Namun juga mengenai place, people, process, dan physical evidence.

Pada Judul blog ini yang saya akan amati adalah tentang product handphone Apple, yaitu Iphone. Langsung saja mari kita bahas yah...

http://thesweetsetup.com/katie-floyds-sweet-iphone-setup/
  • Product (The Services) 
Produk jasa merupakan produk yang dapat memberikan manfaat, memenuhi kebutuhan konsumen, dan dapat memuaskan konsumen. Sesungguhnya pelanggan tidak membeli barang atau jasa, tetapi membeli manfaat dari sesuatu yang ditawarkan.

Menurut saya, product iphone itu memiliki manfaat dan banyak sekali fitur-fitur canggih dimana hanya di product Iphone lah fitur itu terdapat. Entah itu social media, sms, telfon, camera, dll. Semua manfaat itu dapat dipakai untuk semua usia entah itu remaja dan dewasa.


  • Promotion
Promotion (promosi) adalah suatu komunikasi dengan publik yang berupaya untuk mempengaruhi masyarakat agar mau membeli product dan atau servis yang kita jual.

Pada tahapan ini, product iphone sendiri sudah banyak sekali melakukan promotion ke publik dengan cara iklan melalui berbagai macam media komunikasi seperti tv, internet, koran atau majalah, dan lain-lain. Sehingga melalui promotion tersebut diharapkan product iphone dapat diketahui oleh publik dan membeli product iphone.


  • Price
Penetapan harga merupakan suatu hal penting . Perusahaan akan melakukan hal ini dengan penuh pertimbangan karena penetapan harga akan dapat mempengaruhi pendapatan total dan biaya. Harga merupakan faktor utama penentu posisi dan harus diputuskan sesuai dengan pasar sasaran, bauran ragam produk, dan pelayanan, serta persaingan.

Dalam semua type Iphone, Iphone dibuat untuk kalangan yang memiliki uang berlebih atau kalangan atas. Sehingga pada bagian harga, Iphone memiliki harga yang relatif mahal. Oleh karena itu jarang sekali orang yang memakai Iphone, karena harganya yang sangat mahal.

https://www.att.com/catalog/en/skus/images/apple-iphone%205c%20-%208gb-white-450x350.png?01AD=3waObQ2OUL0P6HMg8755QZJML-YmzrT9v6Pb4UZIYu9kx6gYwjx5ofw&01RI=C5BA957F1E927F3&01NA=na

  • Place
Tempat atau lokasi yang strategis akan menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan karena mudah terjangkau oleh konsumen, namun sekaligus juga menjadikan biaya rental atau investasi tempat menjadi semakin mahal

Untuk masalah tempat, product iphone biasanya dipasarkan di dalam mall-mall di seluruh indonesia. Tetapi, dalam mall tersebut, product iphone di jual hanya di ruko-ruko yang menjual product Apple saja. Jadi, untuk membeli Iphone pasti ketempat yang menjual product Apple juga.

  •  People

People merupakan aset utama dalam industri jasa, terlebih lagi people yang merupakan karyawan dengan performance tinggi. Kemampuan knowledge (pengetahuan) yang baik, akan menjadi kompetensi dasar dalam internal perusahaan dan pencitraan yang baik di luar. Faktor penting lainnnya dalam people adalah attitude dan motivation dari karyawan dalam industri jasa. Attitude sangat penting, dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk, seperti penampilan karyawan, suara dalam bicara, body language, ekspresi wajah, dan tutur kata. Sedangkan motivasi karyawan diperlukan untuk mewujudkan penyampaian pesan dan jasa yang ditawarkan pada level yang diekspetasikan.

People atau Karyawan, pada bagian ini karyawan yang bekerja di toko Iphone pastilah di training dulu oleh toko Iphone tersebut. Sehingga ketika konsumen menyatakan tentang product Iphone, karyawan bisa menjelaskan dengan baik tentang Iphone dari pertanyaan konsumen tadi. Lalu dalam perusahaan Iphone juga, mereka mempekerjakan karyawan-karyawan yang terampil sehingga Iphone menjadi product yang benar-benar memiliki nilai lebih dibandingkan dengan product lain.


  • Process
Adalah suatu metode pengoperasian atau serangkaian tindakan yang diperlukan untuk menyajikan product dan layanan yang baik kepada pelanggan.

Pada tahapan ini, process yang dilakukan pihak apple terhadap product iphonenya benar-benar sangat diperhatikan sekali. Karena apple tidak ingin konsumen atau pelanggan setianya kecewa terhadap product apple ketika membeli iphone. Sehingga dalam process pembuatannya apple benar-benar quality control banget agar tidak ada product iphone yang cacat ketika dijual ke masyarakat umum.

  • Physical Evidence
Adalah perangkat-perangkat yang dibutuhkan untuk mendukung penampilan suatu product, sehingga memperlihatkan secara langsung kualitas product serta pelayanan yang diberikan kepada konsumen. 

Dalam bagian ini, kalo kata saya physical evidence lebih ke arah aksesoris. Dalam aksesoris product untuk iphone itu ada banyak sekali. Tapi kalau untuk aksesoris bawaan iphone sendiri, dari yang saya lihat itu tidak terlalu banyak dan membuat productnya terlihat lebih menarik dimata konsumen. Tetapi, banyak produsen pembuat aksesoris yang memilih iphone untuk aksesorisnya.



Sumber: http://rifkiemuhammad.blogspot.co.id/2012/11/bauran-pemasaran-7p_8878.html, http://jurnal-sdm.blogspot.co.id/2010/01/konsep-bauran-pemasaran-marketing-mix.html, http://bisnisukm.com/pentingnya-marketing-mix-dalam-berbisnis.html, https://jobnkarir.wordpress.com/2010/01/28/apa-itu-promotion/