Friday, October 16, 2015

Tulisan_2SS_Pengantar Bisnis || Perilaku Masuk Ruangan (sopan santun, permisi, maaf, terima kasih)

Di jaman yang semakin canggih ini, kita tentu saja pasti memeliki smartphone atau perangkat canggih lainnya. Dahulu ketika jaman saya yang lahir di tahun 1997an banyak tontonan yang mendidik atau menghibur, berbeda dengan sekarang yang semakin lama banyak tontonan yang tidak mendidik dan acara tv yang menghibur seperti cartoon atau anime pun dilarang. 
http://static.pulsk.com/images/2013/01/02/50e404c813bc6_50e404c816588.jpg
Efeknya Semakin lama prilaku generasi pun semakin memburuk, walaupun tidak semua generasi tetapi lebih banyak generasi yang semakin buruk prilakunya. Mulai dari Bahasa yang semakin kalau kata anak gaul itu kekinian, gak remed gak gaul, tidak pernah nurut sama orang lebih tua entah itu kepada dosen, guru, orang lain, dan lain-lain. 

Terutama ketika kita berkata permisi, maaf, dan terima kasih kepada orang lain. Rasanya kalo di perhatikan sangat jarang orang yang berkata seperti itu. Pedahal hal-hal sekecil itu yang sangat menjadi nilai plus ketika orang pertama kali melihat kita. Sehingga apabila kita sudah melakukan hal yang tidak baik ketika pertama kali bertemu, kedepannya pasti hanya hal yang tidak baik yang akan diingat oleh orang lain.

http://www.kaskus.co.id/thread/537fff55fcca17c073000081/beberapa-meme-yang-bisa-ingetin-saat-saat-kita-sekolah/


Oleh karena itu disini saya akan memberikan tata cara dan contoh yang baik dalam hal permisi, maaf, dan terima kasih, sehingga mereka yang membaca blog saya ini terutama para generasi sekarang atau pun orang lain yang prilakunya kurang baik bisa merubah prilakunya dengan sadar bahwa prilaku yang mereka lakukan itu bisa menjadi nilai plus ketika pertama kali bertemu.
  1. Dalam hal permisi, kebanyakan orang pasti ketika mengucapkan permisi itu sangat jarang sekali. Karena mereka menganggap kata permisi itu hal yang tidak terlalu penting, jadi mereka pasti langsung saja melakukannya tanpa bilang permisi. Kata permisi diucapkan ketika kita ingin melewati atau ingin melangkahi namun ada seseorang ditengah nya. Contoh simplenya: ani ingin mengambil minumnya namun ada orang tua di depannya, namun ani langsung saja melangkahi orang tua itu tanpa bilang permisi sambil membungkukan badannya. Seharusnya yang ani lakukan adalah dia membungkukkan di depan orang itu sambil berkata “permisi” dan sambil senyum kepada orang tua itu. Hal ini berlaku kepada siapa saja entah itu kepada teman sebaya, atau kepada orang yang lebih tua walaupun tidak kenal siapa orangnya.
  2. Dalam hal maaf, sama seperti kata permisi tadi. Orang-orang menggunakan kata "maaf'" pasti ketika sedang mengalami masalah yang sangat besar, pedahal seharusnya menggunakan kata "maaf" juga dilakukan ketika kita salah melakukan sesuatu walaupun itu masalah kecil sekalipun. Contoh ketika kita salah memasuki ruangan, kebanyakan dari kita pasti hanya tersenyum kecil lalu keluar lagi dengan muka yang memerah karena rasa malu yang dilakukannya. Seharusnya ketika salah memasuki ruangan, kita bilang "maaf" sambil tersenyum walaupun rasanya pasti malu. Jadi kita tidak main nyelonong keluar begitu saja.
  3. Kata "terima kasih" ya, kata ini juga menjadi perhatian khusus. Kenapa? sadar atau tidak kita jarang mengucapkan "terima kasih" ketika kita mengalami kesulitan lalu orang membantu kita atau sebaliknya. Seharusnya, ketika kita dibantu orang lain kita wajib mengucapkan terima kasih. Karena orang lain tersebut rela membantu kita sehingga kita wajib mengucapkan "terima kasih" kepada orang tersebut.
  4. Kata "Senyum", ya ini kebanyakan orang juga sangat sangat pelit sekali menggunakan senyumannya kepada orang lain entah itu kepada yang dikenalnya atau yang tidak dikenalnya. Pedahal, sebaiknya kita harus murah senyum kepada sesama manusia dan kepada siapa pun orangnya. Senyum wajib kita gunakan dalam hal apapun, entah itu ketika berterima kasih, permisi, atau meminta maaf. Karena dengan senyuman dapat mengubah pandangan kita ke orang lain. Misalnya, muka kita kelihatan cuek tapi ketika kita murah senyum orang lain bakal beranggapan bahwa kita itu orang yang baik. Beda dengan orang yg cuek, pasti mereka mengira kita itu orang tidak baik hati. 
Jadi, ayo lebih sering lagi menggunakan kata permisi, maaf, dan terima kasih kepada orang lain dalam hal-hal tertentu. Dan juga kita wajib menggunakan senyuman kita entah itu kita sedang permisi, meminta maaf, dan berterima kasih kepada orang. Agar kita memiliki citra yang baik dimata orang lain. Sekian dan terima kasih :D

Thursday, October 15, 2015

Tugas_2SS_Pengantar Bisnis || Analisis Perkembangan Convinience Store (Lawson)

Sejarahnya
Berawal dari tahun 1939, seorang pemilik perusahaan pemerah susu sapi bernama J.J. Lawson membuka toko pertamanya di Broad Street, Ohio untuk menjual susu sapi hasil perahannya. The Lawson's Milk Company akhirnya berkembang menjadi sebuah toko waralaba yang berpusat di Ohio. Pada tahun 1959, perusahaan ini dibeli oleh Consolidated Foods yang berganti nama menjadi Sara Lee pada tahun 1985.
https://irs1.4sqi.net/img/general/600x600/19989387_8tD3VG5hAf4qwtFSc3kl5dIzSD4LM6b7EEqNVed8ey4.jpg


Pada saat yang sama, toko-toko Lawson di Amerika dijual kepada Dairy Mart dan mengganti nama gerai Lawson menjadi Dairy Mart. Kemudian pada tahun 2002, Alimentation Couche-Tard membeli aset serta nama dagang Dairy Mart dan mengganti nama toko serta nama dagang Lawson menjadi Circle K.

Sementara itu pada tahun 1974 , Consolidated membuat perjanjian dengan Daiei untuk membuka toko Lawson pertama di Jepang. Dan pada tanggal 15 April 1975, dibentuklah Daiei Lawson Co. Ltd sebagai anak perusahaan Daiei, Inc dan toko pertama Lawson dibuka di Sakurazuka, Toyonaka, Osaka Prefecture pada bulan Juni 1975.

Awalnya, Lawson adalah anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Daiei hingga pada tahun 2001, Mitsubishi Corporation menjadi pemegang saham utama Daiei. Karena dimiliki oleh perusahaan Jepang dan berkembang pesat di Jepang, barang-barang yang dijual di Lawson pun banyak yang 'berbau' Jepang.

Lawson sendiri membuka gerai pertamanya di Indonesia pada bulan Agustus 2011 silam di daerah kemang. Merupakan gerai ekspansi kedua di luar Jeang setelah Cina, Lawson masuk ke Indonesia dengan menggandeng PT. Midi Utama Indonesia selaku pengelola jaringan ritel Alfa Midi dan Alfa Ekspress.

Perkembangannya di Indonesia 

PT Midi Utama Indonesia Tbk akan memulai pertarungannya dengan jaringan convenience store ternama asing di dalam negeri dengan mengibarkan merek convenience store asal Jepang, ditandai akan dibukanya gerai pertama Lawson pada 29 Juli 2011. Presiden Komisaris PT Midi Utama Indonesia Tbk Djoko Susanto mengatakan Midi menargetkan menghadirkan 50 Lawson sampai Agustus 2012,  modalnya diperoleh perusahaan tersebut dengan mendapat pinjaman sebesar Rp200 miliar dari Bank BCA.

Yuichi Hayashi, Vice President PT Midi Utama Indonesia Tbk menyebutkan, penambahan gerai baru Lawson ini masih menyasar wilayah Jabodetabek yang masih potensial. Meski Midi Utama harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk ekspansi ini.

Menurut Yuichi, untuk membuka satu gerai Lawson, Midi Utama sudah menyiapkan dana sebesar Rp 2 miliar hingga Rp 3 miliar per gerai. Ia melanjutkan, sampai Juni 2013 lalu, Midi Utama sudah menambah tiga gerai Lawson terbaru. Dengan demikian, hingga Juni 2013, total gerai Lawson yang dimiliki Midi Utama sebanyak 87 gerai.

https://irs0.4sqi.net/img/general/600x600/10938649_wvEi0tHO1-WN4KbBXST9KFtzh4OanTs8M-IOwEJkXXo.jpg


Selama enam bulan pertama tahun ini, Midi berhasil mencatatkan kinerja positif. Pendapatan dan laba bersih perusahaan ini tumbuh masing-masing sebesar 35,5% dan 9,96% dari periode serupa tahun.
Di periode tersebut, Midi berhasil membukukan pendapatan Rp 2,29 triliun. Angka tersebut melonjak tinggi dibanding pendapatan yang berhasil dibukukan periode serupa tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp 1,69 triliun.
Penjualan dari segmen makanan masih mendominasi pendapatan Midi Utama di periode tersebut. Perinciannya, pendapatan dari hasil penjualan makanan sebesar Rp 1,38 triliun dan makanan segar sekitar Rp 280,29 miliar. Sedangkan, kontribusi penjualan non makanan sebesar Rp 627,56 miliar.
Di periode tersebut, Midi juga mencatatkan pertumbuhan laba bersih hampir 10% yakni sebesar Rp 9,18 miliar. Sedangkan laba bersih di periode yang sama 2012 yang Midi Utama catat adalah sebesar Rp 8,35 miliar.
Di Indonesia, Lawson menandatangani perjanjian lisensi dengan PT. Midi Utama Indonesia, Tbk dari Alfa Group pada 20 Juni 2011. Midi Utama Indonesia adalah pemilik merek minimarket Alfamidi dan Alfaexpress. PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk juga dari dari Alfa Group adalah pemilik merek minimarket Alfamart. Gerai pertama Lawson di Indonesia dibuka di Kemang, Jakarta Selatan pada Juli 2011. Hingga Maret 2013, Lawson telah memiliki 83 toko di Bali, Bandung, Bekasi, Bogor, Depok,Jakarta, Jawa Barat, dan Tangerang. Di Indonesia, pembeli dapat membeli makanan siap saji dan minuman untuk dinikmati di ruang duduk yang terdapat di dalam dan di luar toko. Produk orisinal Lawson di Indonesia adalah oden dan onigiri.

Jika dilihat dari infomasi diatas, maka dapat disimpulkan perkembangan lawson di indonesia sendiri semakin menjamur di kawasan jabodetabek. Karena Lawson membidik konsumen dengan usia 20-40 tahun, dan lebih disasarkan pada para pekerja. Di gerai tersebut akan ada panganan  gorengan dan rebusan. Di gerai juga disediakan meja dan bangku.

Menurut saya sendiri ketika saya ke lawson di daerah tangerang, pelayanan dan kenyamanan di lawson itu wajib di acungi jempol. Selain tempatnya nyaman, enak buat nongkrong bareng temen entah itu hanya sekedar makan atau mengerjakan tugas ramai-ramai, juga pelayanan dari lawson sendiri sangat dimanjakan pelanggannya. Harganya pun tidak terlalu mahal, fasilitas yang lengkap, dan nyaman. Oleh karena itu perkembangan lowson di kota tangerang sendiri berkembang dengan cepatnya.

Sumber: http://industri.bisnis.com/read/20110714/12/43558/lawson-garap-pasar-di-indonesia, http://industri.kontan.co.id/news/midi-utama-siap-tambah-gerai-lawson, http://hellofikry.blogspot.co.id/2012/02/convenient-of-convenience-store.html, http://nirwanfajar.blogspot.co.id/2014/10/top-5-brand-convenience-store-di.html

Tuesday, October 13, 2015

Cinta kasih

Subjek: RD                                                                                                                
Tempat: di Rumah
Tema: Cinta Kasih
Tanggal Pengamatan: 9 oktober s/d 11 oktober 2015

No
Tema
Prilaku yang tampak
1
Pengasuhan
Dia sangat mengasihi adik, kakaknya, ataupun sodaranya. Tidak hanya itu, dia pun mengasihi temannya, orang-orang yang tidak mampu, dan lain-lain.
2
Tanggung Jawab
Dia sangat bertanggung jawab terhadap tugasnya, entah itu tugas kantor, tugas adiknya selalu dibantu, dan lain-lain. Dia pun melakukan itu secara ikhlas tanpa mengharapkan imbalan dari orang lain karena dia tau kalau itu adalah tanggung jawab dia
3
Perhatian
Tidak tampak
4
Pengenalan
Ya dia kadang kadang ingin mengetahui rahasia orang orang disekitar dia, tapi rahasia seperti keinginan untuk tahu dimana tempat tinggalnya temannya sehingga dia melakukan pengenalan kepada temannya. Atau pun dia melakukan pengenalan-pengenalan kepada orang disekitar dia sehingga dia tahu kehidupan apa saja yang dilakukan orang-orang tersebut.
5
Keterikatan
Tidak tampak
6
Keintiman
Yaa hubungan saya dengan dia sudah tidak ada jarak lagi. Karena kami bertempat tinggal satu rumah jadi apapun yang kita lakukan, mau sekali pun kita bertengkar pasti akan balik ke seperti semula dengan sendirinya tanpa harus meminta maaf. Dan kegiatan yang kita lakuin bareng dirumah maupun untuk diluar itu sudah tidak ada jarak, karena kita itu masih sama-sama saudara kandung
7
Kemesraan
Tidak tampak