Friday, December 18, 2015

Tugas_4SS_Pengantar Bisnis || Seleksi dan Rekruitmen

Oke selamat datang kembali ke dalam blog ini, dan selamat menikmati yah...


Kali ini saya akan membahas Apa sih itu Rekruitmen? Lalu Bagaimana sih cara merekruitment karyawan dalam suatu perusahaan? oke mari disimak yah...


  •         Pengertian 
  Ø Menurut Randall S. Schuler dan Susan E. Jackson (1997:227) dalam Nanang Nuryanta (2008)
Rekrutmen antara lain meliputi upaya pencarian sejumlah calon karyawan yang memenuhi syarat dalam jumlah tertentu sehingga dari mereka perusahaan dapat menyeleksi orang-orang yang paling tepat untuk mengisi lowongan pekerjaan yang ada.


http://cdn.gresnews.com/showimg.php?size=view&imgname=2014212005728-image.jpg


  Ø  Menurut Schermerhorn, 1997
Rekrutmen (Recruitment) adalah “proses penarikan sekelompok kandidat untuk mengisi posisi yang lowong. Perekrutan yang efektif akan membawa peluang pekerjaan kepada perhatian dari orang-orang yang berkemampuan dan keterampilannya memenuhi spesifikasi pekerjaan.

Intinya sih, rekruitmen itu adalah usaha yang dilakukan untuk memperoleh sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam mengisi jabatan-jabatan terntu yang masih kosong.

     ·        Tujuan
Lalu untuk apasih tujuan Rekruitment itu? Tujuannya adalah menyediakan tenaga kerja yang cukup agar manajer dapat memilih karyawan yang memenuhi kualifikasi yang mereka perlukan.

     ·        Sumber Perektruitan
Untuk sumbernya sendiri, hanya ada dua sumber yaitu dari Internal dan Eksternal. Internal artinya sumber perekrutan berasal dari dalam perusahaan itu sendiri melalui promosi pegawai itu sendiri, Transfer / rotasi, dan Pengkaryaan karyawan kembali. Kalau dari internal, pihak perusahaan mendapatkan keuntungan seperti tidak memerlukan biaya yang lebih, dapat memelihara dan loyalitas pegawai, dan lain-lain.

http://www.indrakurniawan.net/wp-content/uploads/2013/03/Jasa-seo-untuk-perusahaan.png

Sedangkan dari eksternal artinya perekrutan berasal dari luar perusahaan melalui Lembaga pendidikan, Teman/anggota keluarga karyawan, Lamaran terdahulu yang telah masuk, Agen tenaga kerja, Karyawan perusahaan lain, Asosiasi profesi, dan Outsourcing

Untuk metode dalam perekrutan dengan sumber dari luar perusahaan dapat dilakukan dengan:
     1.     Melalui iklan di media masa, seperti di radio, tv, koran, dan internet. Kalau melalui iklan biasanya sudah jelas persyaratan dan kualifikasi seperti apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Dan juga biasanya kalua melalui iklan, disertakan dengan janji-janji menarik. Seperti gaji yang besar, masa depan yang menarik dan sebagainya
     2.     Open House, artinya perusahaan menjaringnya lewat promosi promosi dimana si perusahaan tersebut masuk ke dalam entah itu perguruan tinggi, mengadakan event-event seperti job fair, dan lain-lain.
     3.     Menyewa konsultan perekrutan, artinya perusahaan tidak perlu membuang waktu untuk mencari tenaga kerja yang sesuai.
     4.     Outsourcing adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa tenaga kerja yang meliputi pekerjaan yang akan ditempatkan pada perusahaan yang menginginkannya.

http://riaucitizen.com/wp-content/uploads/2015/04/tenaga-kerja-powerrecruit.jpg


Kesimpulan:
Jadi rekruitmen itu adalah usaha yang dilakukan untuk memperoleh sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam mengisi jabatan-jabatan terntu yang masih kosong. Sumber dari rekruitmen sendiri itu dibagi menjadi 2 yaitu internal dan eksternal. Dari internal itu ada promosi pegawai itu sendiri, Transfer / rotasi, dan Pengkaryaan karyawan kembali. Sedangkan kalau dari eksternal ada melalui Lembaga pendidikan, Teman/anggota keluarga karyawan, Lamaran terdahulu yang telah masuk, Agen tenaga kerja, Karyawan perusahaan lain, Asosiasi profesi, dan Outsourcing.

Sumber: http://www.gajimu.com/main/tips-karir/untung-rugi-sistem-201coutsourcing201d, http://www.insanperforma.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=143%3Arekrutmen-karyawan-definisi-tujuan-proses-dan-sistem-rekrutmen-&catid=38%3Anews&lang, http://hairulamry.page.tl/%3Cscript-type-g-hidden-g-%3E-Proses-Pelaksanaan-Rekruitmen,-Seleksi,-Dan-Penempatan-Karyawan%3C-s-script%3E.htm

No comments:

Post a Comment