Saturday, October 3, 2015

Tulisan_6_SS_Perekonomian Indonesia || Apa itu SNMPTN dan Tips Jitu Menghadapi SNMPTN 2016



Source : https://i.imgflip.com/klagm.jpg


Salam hangat untuk yang membaca dan bagi yang jomblo, semoga tidak menjomblo lagi ya. Bagi yang sekarang udah di kelas 3 SMA pasti pada bingung kan mau kemana dan pasti pada pingin kan SNMPTNnya lulus? Okeh jadi, sebelumnya Snmptn apa sih itu sebenernya? jadi buat yang belum tau. Snmptn itu adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan jalur seleksi umum menggunakan sistem Undangan dimana sekolah mengusulkan siswa/i berprestasi kepada kampus pilihan tujuannya agar bisa kuliah di PTN tujuan.

Untuk pendaftaran snmptn 2016 sendiri masih belum terdengar infonya juga, tapi yaa dari pada salah daftar snmptn nanti seperti saya sendiri kan yaa bahaya juga. Penulis juga gamau kesalahan yang dilakukan penulis terlulang lagi oleh kalian para pembaca blog ini.

Pasti pada bertanya "kak nanti snmptn itu pilihannya apa aja? kak sistem penilainya seperti apa? kak masih jomblo?*ehapa" okee untuk memilih snmptn sendiri itu nanti ada 2 cara memilih ptn dimana, untuk yg memilih memilih dua ptn contohnya. Maka, ptn A dapat memilih 2 jurusan dan ptn B itu dapat memilih satu jurusan saja tetapi untuk yg ptn B sendiri itu wajib povinsi tempat kalian tinggal masing-masing. Misal, di bogor kan jawabarat ya berarti ada banyak ptn tuh di jawabarat. Lah kalo cuma 1 ptn di provinsinya gimana? Mungkin ini pr bagi pemerintah ya. Untuk skemanya lihat di bawahh ini yaaa :

Gambar diatas ini adalah untuk yang memilih 2 ptn tetapi, di pilihan ptn B wajib diisi ptn tempat tinggal kita.

Terus kan pasti pada bertanya " kak kalo yang milih satu ptn aja gimana mau itu ptn yang kita inginkan maupun ptn yang wajib di tempat tinggal kita?" okee sebenernya sama saja ya, hanya kita diperbolehkan memilih satu ptn dan dua jurusan. Begini skemanya:

Nahh sudah paham kan adik adikk? jadi jangan sampai salah pilih ya nanti, masa kalian jago memilih pasangan hidup sedangkan untuk memilih jurusan aja tidak bisa? Jadi pilih jurusan sesuai dengan keinginan kamu ya, karena passion aja gak cukup :).

Selanjutnyaaa setelah paham mekanisme cara kerja pilihan SNMPTNnya. Saya akan membagikan sedikit TIPS TIPS agar LOLOS SNMPTN nihh cek this out!!!



http://cdn0.production.liputan6.static6.com/medias/683070/big/SNMPTN6.jpg?t=870191101

  • Pertama, Coba hitung nilai rata-rata rapot kalian dari kelas 10 sampai dengan kelas 12 semester 1, caranya? untuk kasus ini, ada banyak cara contoh saya ambil kasus penghitungan rata-rata di sekolah dengan di tempat bimbel itu berbeda. Kalo untuk dari sekolah saya diajarkan jadi totalkan semua nilai kamu entah itu psikomotorik atau apa, masukan saja nilainya lalu dibagi total semua mata pelajaran, hitung terus per semesternya rata-ratanya berapa nanti akan ketemu hasilnya berapa. Jika sudah, totalkan semua rata-rata nilai persemester tadi lalu dibagi 5, maka akan keluar hasilnya berapa. Sedangkan untuk dari tempat bimbel, caranya sama seperti tadi hanya saja yang dihitung mata pelajaran yang di UN kan. Lalu cocokkan nilai rata-rata kalian dengan passing grade yang bakal dikasih tempat bimbel nanti. Oh ya kalo buat passing grade itu gak pasti bener seperti itu ya, anggep passing grade itu hanya pedoman aja sisanya kalian sendiri yang memperkirakan bakal lulus dimana dengan nilai kalian itu.
  • Kedua, Tentukan jurusan dan universitas yang kalian inginkan. Yang perlu saya tekankan dalam SNMPTN ini adalah HARUS SESUAI REALITA NILAI RATA-RATA  kenapa saya tekankan seperti itu? Karena banyak sekali siswa yang dalam Snmptn ini mendaftarkan pilihannya tidak sesuai dengan realita bahwa nilainya tuh tidak memenuhi kriteria untuk masuk ptn yang diinginkan. Efeknya? Puluhan atau mungkin jutaan banyak yang gugur dalam Snmptn ini. Untuk Snmptn di tahun 2015 aja KUOTAnya 50%. Logikanya, sekarang ini sudah banyak banget ptn dan masa sih untuk ada nama kalian nyantol di salah satu ptn tidak bisa? Kuliah itu bukan sekedar gengsi karena ptn tersebut favorite atau tidaknya. Tapi masuk kuliah itu sesuai dengan jurusan yang kita mau entah mau dimana pun kampusnya. Jadi, kalo mau lulus Snmptn kalian wajib mendaftarkan pilihan sesuai dengan realita nilai kalianya makanya perbesar nilai kalian untuk yang masih duduk di kelas 10 :D
    https://www.zenius.net/blog/wp-content/uploads/2014/10/djxl7.jpg
  • Ketiga, lihat alumni sekolahmu pada masuk ke ptn mana saja karena ini juga sangat berpengaruh terhadap peluang snmptn.
  • Keempat, tanya kepada BK sekolah kalian, siapa saja yang menolak Snmptn satu tahun diatas kalian. Kerena rata-rata kampus jika ada yang dapat lalu menolak undangan tersebut biasanya kuotanya akan dikurangi untuk sekolah yang menolaknya. Makanya jangan main-main nih. Kalo mainin tanah si gapapa yah
  • Kelima, cek daya tampung jurusan dan universitas yang kalian pilih itu berapa banyak
  • Keenam, nah ini dia harus selalu inget wajib berdoa kepada tuhan masing-masing dan minta restu orang tua sebelum kalian memilih jurusan itu agar kelak kalian mendapat restu dan lulus snmptn dengan bahagia dan terharunya orang tua.
Yakkk, itulah tips untuk Lolos Snmptn yahh. Untuk info prosedur Snmptn sendiri Klik Disini. Apabila kalian tetap tidak lolos. "Masih banyak jalan menuju roma" maksudnya masih ada Sbmptn ko atau Ujian Mandirinya jadi jangan patah semangat yaa adik-adik :D
https://pbs.twimg.com/media/CEi4l3wUsAEScO_.jpg

http://cdn0.production.liputan6.static6.com/medias/683059/big/SNMPTN1.jpg?t=128451258
Bukti kalau penulis lolos SNMPTN:










No comments:

Post a Comment