Saturday, October 3, 2015

Tugas_1SS_Pengantar Bisnis || Analisis pemilihan letakperusahaan Indomart cabang Jl. Kh Soleh Ali Gg. Sukamanah 3








Indomaret adalah jaringan mini market waralaba di Indonesia. Mini market ini menyediakan berbagai macam kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari. Indomaret sangat mudah ditemukan di daerah perumahan, gedung perkantoran dan fasilitas umum karena penempatan lokasi gerai didasarkan pada motto “mudah dan hemat”. Kali ini yang akan saya analisis adalah Indomart cabang Jl. Kh Soleh Ali Gg. Sukamanah 3. Untuk analisis kali ini saya akan menganalisis perusahaan tersebut berdasarkan letak perusahaan.


Letak perusahaan adalah tempat perusahaan melakukan kegiatan fisik/pabrik. letak perusahaan dipengaruhi faktor ekonomi dan merupakan salah satu faktor penting yang menunjang efisiensi perusahaan terutama dalam kaitannya dengan biaya.
Jenis-Jenis Letak perusahaan
Letak perusahaan dapat dibedakan menjadi 4, yaitu:
A.Terikat keadaan alam
B. Terikat sejarah
C. Terikat oleh pemerintah
D. Dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi, yaitu:
1. Letak Perusahaan yang Terikat Pada Alam, artinya Letak perusahaan yang terikat pada alam pada umumnya karena ketersediaan dan kemudahan bahan baku.
Untuk perusahaan indomaret ini, tidak menggunakan bahan baku tetapi dia hanya bertugas memasarkan produk yang di dapatkan oleh pemasok.
B. Letak Perusahaan Berdasarkan Sejarah, artinya Dalam hal ini perusahaan menjalankan aktivitasnya di suatu daerah tertentu karena alasan yang hanya dapat dijelaskan berdasarkan sejarah.
Di indomaret sendiri, pendirian perusahaan bebas dimana saja. Asal banyak dilalui orang berlalu lalang, dan strategis. Coba saja perhatikan lokasi pendirian indomaret pasti di tengah tengah keramaian. 
C. Letak Perusahaan yang Ditetapkan Pemerintah, artinya Dalam hal ini letak perusahaan ditentukan pemerintah atas dasar pertimbangan keamanan, politik, kesehatan, dan sebagainya.
Letak indomaret tidak ditentukan oleh pemerintah tapi ditentukan oleh indomart itu sendiri.

D. Letak Perusahaan yang Dipengaruhi Faktor-Faktor Ekonomi, artinya Faktor-faktor yang berpengaruh penting dalam kaitannya dengan pemilihan letak perusahaan yang bersifat industri adalah kedekatan bahan mentah dan ketersediaan bahan mentah, ketersediaan tenaga air, ketersediaan tenaga kerja, ketersediaan modal, kemudahan transportasi serta kedekatan pasar, dan kesesuaian iklim.
Ketersediaan Bahan Mentah memungkinkan kesinambungan aktivitas perusahaan, karena tanpa bahan baku perusahaan tidak mungkin berkerja.
Dalam faktor ini indomaret tidak ada, karena dia hanya menjual produk-produk yang didapatkan dari pemasok. 
Ketersediaan Tenaga Air merupakan suatu potensi yang dapat dimanfaatkan perusahaan dalam bentuk mendukung kelancaran aktivitasnya disamping dapat berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik yang sangat dibutuhkan perusahaan.
Di indomaret hanya ada air untuk kegiatan membersihkan sesuatu saja, tidak adanya tenaga air. Karena listrik dari indomart di datangkan masih dari PLN.
Ketersediaan Tenaga Kerja yang melimpah dan murah merupakan pendukung faktor produksi variabel. Semakin murah tenaga kerja yang tersedia semakin rendah biaya produksi persatuan output yang dihasilkan perusahaan. Bila kelimpahan tenaga kerja tersebut diimbangi keahlian yang memadai, perusahaan akan semakin mampu bersaing, baik dalam hal harga maupun kualitas produk yang dihasilkan.
Tenaga kerja di indomaret itu sangat berlimpah sekali, pasti setiap hari di indomart pelayannya beda-beda. Jadi di setiap cabang indomart menyerap tenaga kerja di sekitar lokasi perusahaan. Selain itu indomart juga menyediakan sewa teras di depan indomaret.
Ketersediaan Modal sangat mendukung berkembangnya investasi. Perusahaan yang membutuhkan dukungan modal besar untuk perkembangannya, akan sangat memperhitungkan penawaran modal dengan bunga rendah.
Untuk modal di indomaret, didapatkan oleh orang yang menginvest uangnya ke indomart. Lalu orang tersebut dapat membuka gerai dengan nama "indomart"
Transportasi berpengaruh besar dalam pendistribusian produk. Kelancaran transportasi juga menjamin kelancaran pasokan bahan baku ke lokasi perusahaan.
Untuk transportasi, di indomaret cabang sini menurut saya sangat strategis karena benar-benar di tengah tengah keramaian. Posisinya berada di perempatan, untuk jelasnya silahkan liat poto dibawah ini:




Kedekatan Pasar merupakan faktor yang makin memudahkan terserapnya produk yang dihasilkan perusahaan tidak hanya berpengaruh terhadap kesinambungan produksi, tetapi juga berhubungan erat dengan kesehatan buruh yang berkerja di perusahaan.
Untuk kedekatan pasar, indomaret sendiri rata-rata terletak dilokasi yang ramai dilalu lalang dan di tengah-tengah kota sehingga daya beli dan hasil dari penjualan pun meningkat.

Kesesuaian Iklim artinya iklim terhadap ketahanan barang-barang modal, karena terkait dengan biayha penyusunan barang-barang modal yang pada akhirnya akan mempengaruhi biaya produksi.
Di indomaret tidak berpengaruh kesesuaian iklim, indomart hanya menjual produk yang berkemasan. Seandainya iklim mempengaruhi, pasti pembungkus untuk kemasannya juga sudah benar-benar teruji dan dapat tahan terhadap iklim atau cuaca.
\
SUMBER: https://bordicamp.wordpress.com/2014/12/22/tempat-kedudukan-dan-letak-perusahaan/

No comments:

Post a Comment