Friday, October 30, 2015

Tulisan_3SS_Pengantar Bisnis || Komunikasi Presentasi yang baik

Selamat membaca lagi untuk pengunjung blog ini, semoga tidak bosan ya :D


http://www.zonasukses.com/blog/wp-content/uploads/2013/10/cara-percaya-diri-saat-presentasi-300x300.jpg

Okay disini saya akan membahas tentang bagaimana cara komunikasi presentasi yang baik itu seperti apa. Jadi seperti yang kita ketahui bahwa arti komunikasi secara umumnya itu, seseorang yang berbicara kepada orang lain atau beberapa orang untuk menyampaikan informasi kepada orang lain tersebut. Untuk komunikasi kepada satu atau beberapa orang itu masih bisa dilakukan dengan mudah, berbeda apabila kita melakukan komunikasi di depan banyak orang terutama ketika kita sedang presentasi tentang apapun itu. Nah untuk itulah saya menulis artikel ini, disini saya akan membagikan beberapa tips tentang bagaimana sih cara berkomunikasi presentasi yang baik itu? Mari kita simak yah...


1. Gunakan kalimat seefektif mungkin
Gunakanlah isi pembicaraan dengan kalimat efektif dan langsung mengena pada sasaran. Hindari mengungkapkan informasi detail yang kurang relevan, seperti, “Tadi pagi saya mengalami kecelakaan….”. Biasanya lawan bicara anda tidak akan peduli dengan informasi yang tidak berhubungan dengan topik pembicaraan. 


http://mebiso.com/wp-content/uploads/2013/06/Presentasi.jpg

2. Jangan berbicara terlalu lambat
Tutur kata yang terlalu pelan dan lamban hanya akan membuat lawan bicara bosan dan tidak sabar. Lagipula gaya bicara yang terlalu pelan akan mengesankan ragu-ragu dan tidak percaya diri. Karena itu bicaralah dengan nada yang optimis dan penuh percaya diri. Namun yang perlu kita ingat, bukan berarti kita harus berbicara secara cepat tanpa ritme.
3. Hindari humor yang tidak perlu
Melontarkan humor memang boleh-boleh saja untuk menyegarkan suasana. Namun, kita harus tanggap membaca suasana setelah kita melontarkan humor. Apakah lawan bicara kita benar-benar terpancing tertawa atau tertawa dengan terpaksa. Atau bahkan menunjukkan wajah yang terganggu dengan humor tadi. Jika lawan bicara tidak tertarik dengan humor anda, teruskan pembiraan kembali. 


http://www.andriewongso.com/files/uploads/articles/14%20Tips%20Presentasi%20Bisnis%20yang%20Berkesan_2014-11-13%2012:02:46_640x321-Presentasi-Bisnis-yang-Berkesan-1.png

4. Organize
Sebuah presentasi yang baik akan terorganisir dengan baik pula. Terorganisir mulai dari struktur yang jelas dan alur yang mudah dipahami. Ini adalah strategi presentasi terakhir. Presentasi yang terorganisir membuat audiens mudah memahami dan pada akhirnya mengambil keputusan. Sementara presentasi yang berantakan membuat audiens bingung sehingga tidak mengambil tindakan apapun setelah Anda selesai presentasi.


Untuk melihat bagaimana komunikasi presentasi yang benar-benar bagus mari kita lihat video dimana stave jobs (pendiri apple inc) mempresentasikan produknya. 

Sumber: https://andresitohang.wordpress.com/about/komunikasi-efektif-dalam-presentasi/ , http://www.presentasi.net/strategi-presentasi/

No comments:

Post a Comment